Social media itu wadah yang sangat kuat sebagai sarana
promosi, baik itu untuk promosi diri kita sendiri ataupun promosi sebuah
perusahaan. Namun, terkadang beberapa orang yang memanfaatkan social media
sebagai cara mereka promosi tidak memperhatikan kepentingan konsumen malah
kepentingan sendiri. Padahal kan dalam dunia usaha yang paling harus diutamakan
itu konsumen bukan ego.
Simak ya, kayaknya sih saya juga ada di salah satu kategori
ini hehe…
·
Kebanyakan
ngomongin diri sendiri . social media itu sebenarnya teidak lebih dari sekedar wadah melakukan percakapan.
Percakapan itu sifatnya dua arah, dua orang yang secara aktif melibatkan diri
untuk mendengarkan dan memahami percakapan satu sama lain, daripada meneriakan
informasi tentang produk dan promosi terbaru. Namun bukan berarti hal seperti
ini jelek. Promosi itu perlu untuk menunjukan identitas kita jangan, jangan
takut. Yang jadi masalah itu, apabila kita menjadi terlalu komersil. Cobalah
lebih membantu dengan sharing konten konten berguna bukan Cuma dari kita
sendiri, namun juga orang lain juga. Tidak selalu harus menggembar gemborkan
usaha kita kan ? mulailah dengan membagi informasi dengan konten berguna untuk
orang lain juga.
·
Main asal
nimbrung tanpa berfikir. Kesalahan terbesar di social media adalah
mempercayai bahwa semua orang itu harus terlibat social media. Maksudnya, tanpa
mengetahui siapa dan jenis konsumen seperti apa yang kita dekati, kita nggak bisa
kan memaksa tentara untuk datang ke salon beauty. Kasarnya seperti itu. asal nimbrung tanpa strategi dan melupakan
arah usaha kita terfokus pada segmen mana(bahaya).
·
Membaur tapi tidak berbaur. Jika kalian
akan berpartisipasi dengan social media, makan kalian harus mempertahankan
kahadiran anda dengan konsisten. Teruslah berinteraksi dengan teman atau
follower kalian, ikut ambil bagian dan berkontibusi dalam percakapan. Social
media bukan “perjalanan sekali naik”, di social media kita harus membangun
kesetiaan dan berkomitmen pada teman-teman kita serta konsumen.
·
Berfikir dengan bergabung di
facebook dan Twitter kita melakukan social media marketing. Sebuah kampanye social media
yang efektif butuh pendekatan dan dialogue dengan para audiens, dan ini bukan
berarti cukup dengan satu atau dua update per minggu. Tapi maksudnya,
berpartisipasi dalam diskusi dan membuat brang kita bernafas. Inilah yang
membangun brand loyalty dan kredibilitas.
·
Melupakan bagian social dari
social media. Yup,
social media itu sebuah channel lain dalam mengenal orang, tapi uniknya social
media membuat kepribadian kita bisa terlihat. Share hal hal bagu. Jangan takut
untuk menunjukan kepribadian kita. Toh, kita melakukan bisnis dengan “orang”,
bukan tembok.
·
Branding yang tidak konsisten
di situs social media berbeda. banyak orang memiliki satu visi dan pendapat sendiri serta
feel di website mereka. Tapi sangat berbeda dengan yang ada di facebook,
twitter dan linkedin mereka. mempberikan satu logo yang konsisten, tampilan dan
message atau pesan positif sangat penting. Untuk melakukan ini, gunakanlah satu
atau dua foto untuk semua situs social media kalian. Costumize background atau
tampilan twitter dan facebook anda dengan memberikan elemen-elemen dari website
kalian. Tetap memberikan deskripsi tentang siapa diri kita dan apa yang kalian
lakukan, relaive sama dengan semua situs web kalian. Dan perhatikan juga supaya
semua informasi selalu up to date.
Ya
kira kira seperti itulah. Apakah kalian termasuk dari salah satu kategori diatas
? kayaknya saya sih masih haha…
No comments:
Post a Comment