Wednesday, July 10, 2013

KESALAHAN ENTERPREUNER DALAM MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA

Social media itu wadah yang sangat kuat sebagai sarana promosi, baik itu untuk promosi diri kita sendiri ataupun promosi sebuah perusahaan. Namun, terkadang beberapa orang yang memanfaatkan social media sebagai cara mereka promosi tidak memperhatikan kepentingan konsumen malah kepentingan sendiri. Padahal kan dalam dunia usaha yang paling harus diutamakan itu konsumen bukan ego.

Simak ya, kayaknya sih saya juga ada di salah satu kategori ini hehe…

·         Kebanyakan ngomongin diri sendiri . social media itu sebenarnya teidak lebih dari sekedar wadah melakukan percakapan. Percakapan itu sifatnya dua arah, dua orang yang secara aktif melibatkan diri untuk mendengarkan dan memahami percakapan satu sama lain, daripada meneriakan informasi tentang produk dan promosi terbaru. Namun bukan berarti hal seperti ini jelek. Promosi itu perlu untuk menunjukan identitas kita jangan, jangan takut. Yang jadi masalah itu, apabila kita menjadi terlalu komersil. Cobalah lebih membantu dengan sharing konten konten berguna bukan Cuma dari kita sendiri, namun juga orang lain juga. Tidak selalu harus menggembar gemborkan usaha kita kan ? mulailah dengan membagi informasi dengan konten berguna untuk orang lain juga.

·         Main asal nimbrung tanpa berfikir. Kesalahan terbesar di social media adalah mempercayai bahwa semua orang itu harus terlibat social media. Maksudnya, tanpa mengetahui siapa dan jenis konsumen seperti apa yang kita dekati, kita nggak bisa kan memaksa tentara untuk datang ke salon beauty. Kasarnya seperti itu.  asal nimbrung tanpa strategi dan melupakan arah usaha kita terfokus pada segmen mana(bahaya).

·          Membaur tapi tidak berbaur. Jika kalian akan berpartisipasi dengan social media, makan kalian harus mempertahankan kahadiran anda dengan konsisten. Teruslah berinteraksi dengan teman atau follower kalian, ikut ambil bagian dan berkontibusi dalam percakapan. Social media bukan “perjalanan sekali naik”, di social media kita harus membangun kesetiaan dan berkomitmen pada teman-teman kita serta konsumen.

·         Berfikir dengan bergabung di facebook dan Twitter kita melakukan social media marketing. Sebuah kampanye social media yang efektif butuh pendekatan dan dialogue dengan para audiens, dan ini bukan berarti cukup dengan satu atau dua update per minggu. Tapi maksudnya, berpartisipasi dalam diskusi dan membuat brang kita bernafas. Inilah yang membangun brand loyalty dan kredibilitas.

·         Melupakan bagian social dari social media. Yup, social media itu sebuah channel lain dalam mengenal orang, tapi uniknya social media membuat kepribadian kita bisa terlihat. Share hal hal bagu. Jangan takut untuk menunjukan kepribadian kita. Toh, kita melakukan bisnis dengan “orang”, bukan tembok.

·         Branding yang tidak konsisten di situs social media berbeda. banyak orang memiliki satu visi dan pendapat sendiri serta feel di website mereka. Tapi sangat berbeda dengan yang ada di facebook, twitter dan linkedin mereka. mempberikan satu logo yang konsisten, tampilan dan message atau pesan positif sangat penting. Untuk melakukan ini, gunakanlah satu atau dua foto untuk semua situs social media kalian. Costumize background atau tampilan twitter dan facebook anda dengan memberikan elemen-elemen dari website kalian. Tetap memberikan deskripsi tentang siapa diri kita dan apa yang kalian lakukan, relaive sama dengan semua situs web kalian. Dan perhatikan juga supaya semua informasi selalu up to date.

Ya kira kira seperti itulah. Apakah kalian termasuk dari salah satu kategori diatas ? kayaknya saya sih masih haha…

No comments:

Post a Comment