Tuesday, July 9, 2013

10 TIPS SUKSES BRANDING

 Branding adalah salah satu aspek terpenting dalam  sebuah perusahaan ketika kita membicarakan tentang “goodwill” dan kepercayaan konsumen. Pengertian mudahnya seperti ini, Branding itu untuk membangun kesadaran konsumen(perhatian) sebisa mungkin supaya mereka terus menggunakan produk.
Nah, ada 10 tips seputar membangun brand. Karena sebenarnya brand yang kuat dapat menunjang nilai sebuah perusahaan dan secara signifikan dapat meningkatkan penjualan.

1.       Utamakan Konsumen – identifikasi perilaku mereka dan cara berfikir mereka. Ketahui factor apa yang mendorong mereka untuk menggunakan produk dan jasa kita ? kemudian sesuaikan penawaran bisnis kita untuk kebutuhan mereka.

2.       Brand Identity – sebuah elemen yang kuat bagaimana konsumen melihat dan menilai sebuah perusahaan. Sebuah Brand identity haris tetap konsisyen untuk menunjang nilai-nilai continuitas(supaya brand bias berkembang terus). Apabila terus konsisten, ini dapat mendorong konsumen untuk menggunakan produk atau jasa dari kita dibandingkan dengan competitor. Karena itu kuncinya adalah konsisten.

3.       Positioning – cara kita “memposisikan” brand kita di pasar akan mempengaruhi pemikiran konsumen akan perusahaan dan membandingkannya dengan competitor.  Apakah kita mengutamakan kualitas atau harga bersahabat ?

4.       Tetap Simple – pertahankan nama, background, gambar sesimpel mungkin. Tapi jangan lupa untuk mencantumkan nama perusahaan untuk menunjukan pesan komunikasi pada konsumen, bahwa yang merealisasikan produk ini adalah perusahaan kita, misalnya.
5.       Libatkan semua staff – Tim terkuat kita ataukah kelemahan terbesar kita. Bagaimana kita melibatkan staff dalam melakukan branding akan mempengaruhi perkembangan brand. Selalu melibatkan diri dengan mereka, berikan mereka masukan dan motivasi lalu satukan visi mereka dengan kita. Tim yang bersatu akan terlihat lebih professional di mata konsumen.

6.       Kembangangkan Rencana Brand – maksudnya, brand management yang berhati-hati akan selalu kuat, jelas, dan tak terpengaruh oleh pengaruh luar. Bentuklah sebuah rencana untuk mempertahankan nili brand dan pastikan segala macam perubahan tetap sejalan dengan nilai brand.

7.       Konsistensi – sebuah pedoman yang simple akan menjamin semuanya (internal dan external) dapat mengaplikasikan brand secara konsisten. Sangat crucial untuk memastikan konsumen potential untuk mengembangkan rasa familiarity dan juga kepercayaan atau trust kepada brand.

8.       Media berbeda – perhatikan juga  pemakaian logo atau pedoman dari brand anda(apabila namanya sudah besar) ketika diginakan di media lain seperti Koran, print, radio, website, dan social media. Ukuran, pewarnaan dan positioning logo kita sangat penting dan crucial. Jadi pemakaian melalui media lain harus dipastikan dan diperhatikasn setiap saat.

9.       Review – pastikan segala macam kesalahan di hindari, belajar dari kesalahan dan setiap keberhasilan di pahami , lebih dikembangkan lagi. Mengantisipasi dan memahami segala kejadian tersebut dapat menghindari kebangkrutan.

10.   Involve the Professionals – libatkan yang professional(apabila suda besar). Rekrutlah orang orang professional di bidangnya. Misalnya, seorang ahli computer. untuk mambantu mempertahankan keamanan security brand perusahaan.

No comments:

Post a Comment