Nah, ada 10 tips seputar membangun brand. Karena sebenarnya
brand yang kuat dapat menunjang nilai sebuah perusahaan dan secara signifikan
dapat meningkatkan penjualan.
1.
Utamakan Konsumen
– identifikasi perilaku mereka dan cara berfikir mereka. Ketahui factor apa yang
mendorong mereka untuk menggunakan produk dan jasa kita ? kemudian sesuaikan
penawaran bisnis kita untuk kebutuhan mereka.
2.
Brand
Identity – sebuah elemen yang kuat bagaimana konsumen melihat dan menilai
sebuah perusahaan. Sebuah Brand identity haris tetap konsisyen untuk menunjang
nilai-nilai continuitas(supaya brand bias berkembang terus). Apabila terus
konsisten, ini dapat mendorong konsumen untuk menggunakan produk atau jasa dari
kita dibandingkan dengan competitor. Karena itu kuncinya adalah konsisten.
3.
Positioning
– cara kita “memposisikan” brand kita di pasar akan mempengaruhi pemikiran
konsumen akan perusahaan dan membandingkannya dengan competitor. Apakah kita mengutamakan kualitas atau harga
bersahabat ?
4.
Tetap
Simple – pertahankan nama, background, gambar sesimpel mungkin. Tapi jangan
lupa untuk mencantumkan nama perusahaan untuk menunjukan pesan komunikasi pada
konsumen, bahwa yang merealisasikan produk ini adalah perusahaan kita,
misalnya.
5.
Libatkan semua
staff – Tim terkuat kita ataukah kelemahan terbesar kita. Bagaimana kita
melibatkan staff dalam melakukan branding akan mempengaruhi perkembangan brand.
Selalu melibatkan diri dengan mereka, berikan mereka masukan dan motivasi lalu
satukan visi mereka dengan kita. Tim yang bersatu akan terlihat lebih professional
di mata konsumen.
6.
Kembangangkan
Rencana Brand – maksudnya, brand management yang berhati-hati akan selalu kuat,
jelas, dan tak terpengaruh oleh pengaruh luar. Bentuklah sebuah rencana untuk
mempertahankan nili brand dan pastikan segala macam perubahan tetap sejalan
dengan nilai brand.
7.
Konsistensi
– sebuah pedoman yang simple akan menjamin semuanya (internal dan external)
dapat mengaplikasikan brand secara konsisten. Sangat crucial untuk memastikan
konsumen potential untuk mengembangkan rasa familiarity dan juga kepercayaan
atau trust kepada brand.
8.
Media
berbeda – perhatikan juga pemakaian
logo atau pedoman dari brand anda(apabila namanya sudah besar) ketika diginakan
di media lain seperti Koran, print, radio, website, dan social media. Ukuran,
pewarnaan dan positioning logo kita sangat penting dan crucial. Jadi pemakaian
melalui media lain harus dipastikan dan diperhatikasn setiap saat.
9.
Review –
pastikan segala macam kesalahan di hindari, belajar dari kesalahan dan setiap
keberhasilan di pahami , lebih dikembangkan lagi. Mengantisipasi dan memahami
segala kejadian tersebut dapat menghindari kebangkrutan.
10.
Involve
the Professionals – libatkan yang professional(apabila suda besar). Rekrutlah
orang orang professional di bidangnya. Misalnya, seorang ahli computer. untuk
mambantu mempertahankan keamanan security brand perusahaan.
No comments:
Post a Comment